SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO
SMA PL Don Bosko - Jl Sultan Agung No 133 Semarang 50234 - Indonesia  Telp. 024-8311015
Selasa, 25 Juni 2019  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


26.03.2019 07:59:03 96x dibaca.
BERITA
Pagelaran Seni untuk Don Bosko

Pagelaran Seni untuk Don Bosko

Dalam rangka Dies Natalis ke-19 SMA PL Don Bosko Semarang mengadakan berbagai macam kegiatan yang tentunya sangat menarik. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 31 Januari 2019. Meski terkesan sederhana namun antusias siswa dalam menyambut hari ulang tahun sekolah sangat tinggi. Agenda kegiatan tersebut antara lain misa di Gereja Atanasius Agung Karang Panas, donor darah dan yang ditunggu-tunggu oleh warga sekolah yaitu pagelaran seni. Perayaan Hari Don Bosko diawali dengan misa seluruh warga Don Bosko baik SMA maupun SD.  Setelah misa, dilanjutkan dengan acara donor darah. Acara donor darah ini disambut banyak pendonor terbukti kuota pendonor melewati batas sehingga panitia menolak pendonor yang ingin mendonorkan darahnya. Panitia juga mengundang para bruder yang tinggal di Komunitas Candi. Kemudian acara gelar seni dimulai pukul 10.30. Pagelaran seni melibatkan guru dan siswa. Tema yang diangkat dalam pertunjukkan seni ini adalah ‘From of Herittage to Millennial Style’.

Gelar Seni dikemas sangat menarik dengan perpaduan budaya zaman dahulu dengan era sekarang.  Gelar seni yang diadakan untuk merayakan Hari Don Bosko. Hal ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk menyalurkan kreativitas siswa. Hal ini dibuktikan dengan penampilan para siswa. Kegiatan ini juga melatih siswa untuk mengekspresikan diri sebagai remaja, dan tentu saja masih berada dalam nuansa kedaerahan.

Pementasan  yang dipersembahkan untuk Hari Don Bosko berupa pementasan seni musik dan teater. Sebuah teater berjudul ‘Asal-usul Reog Panorogo’ yang dimainkan oleh siswa-siswi SMA PL Don Bosko. Teater tersebut menceritakan tentang Dewi Songgolangit merupakan putri mahkota dari Kerajaan Kediri dalam salah satu versi cerita asal-usul Reyog Ponorogo. Mempunyai paras wajah yang cantik dan berbudi pekerti luhur menjadi daya tarik bagi raja-raja dan putra mahkota di wilayah Pulau Jawa. Sifat luhur tersebut ditunjukkan ketikan hendak memilih pasangan hidup. Sang Dewi memohon petunjuk dari Sang Hyang Widhi dengan bersemedi. Dan hanya ada satu pemenang yang berhasil mendapatkan hati Sang Dewi dengan mempertontonkan kesenian baru dan hewan berkepala dua sesuai syarat yang telah diucapkannya. Dialah Sang Prabu Kelana Suwandana dari Kerajaan Bantarangin yang berkuasa di Wengker, Ponorogo. Pertunjukan teater yang megah ini disutradarai oleh Bapak Yohanes, salah satu guru di sekolah kami.

Gelar seni berlangsung sangat meriah karena tidak hanya pertunjukan teater saja, banyak kreatifitas siswa yang tampil untuk memeriahkan acara gelar seni. Melalui bakat yang mereka minati, sukses membuat panggung acara gelar seni mengguncang. Seperti choir, dance, tari jawa, orchestra, paskibra, keroncong, band, dan tentu saja MC yang luar biasa.

Kegiatn ini bertempat di Aula SMA PL Don Bosko penuh dan meriah, gelar seni ini cukup menarik untuk membantu siswa mengekspresikan dirinya. Semoga Don Bosko semakin jaya dan mengendepankan prestasi dan pendidikan karakter!

  








^:^ : IP 54.144.75.212 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO
 © 2019  http://smapldonbosko.sch.id/